Tips Dan Trik Sebelum Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu Barang Curian

Asslammualaikum wr wb...

Cara Paling Aman Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu Barang Curian - Beberapa waktu yang lalu kawan serumah (kos-kosan) sedang bingung karena mendapat tawaran harga murah untuk membeli motor bekas Honda Beat keluaran tahun 2013, setahun pemakaian dijual dengan harga Rp.8.000.000, murah juga ditambah dengan tampilan yang masih mulus bedelau membuat kawan Cik ni semakin terpikat untuk meminang si-Beat berwarna merah tersebut.
Tips membeli motor bekas
Tips membeli motor bekas

Tips Dan Trik Membeli Motor Bekas - sebelum bertransaksi kawan Cik ni berdiskusi dengan kami-kami yang ada 1 kos karena takut kalau motor yang dijual tersebut barang gelap (barang curian, blackmarket, barang samon, barang haram atau apalah namanya) :D. tapi, dengan harga, tampilan serta sipenjual yang ingin betul barangnya laku secepat mungkin malah membuat hati dan pikiran kami mulai janggal, aneh, curiga.

Dilihat dari penampilan sipenjual sepertinya tidak akan melakukan penipuan karena peria paruh baya ini berprilaku sopan serta santun dengan tutur katanya, tetapi ingat kata-kata yang Om Tukul Arwana selalu sebutkan "Jangan menilai buku dari sampulnya" yang maksud nya, jangan menilai orang dari apa yang terlihat saja, kurang lebih seperti itulah :)

Demi memuaskan hasrat hati dan pikiranya Om Tukul Arwana (hehe Om Tukul pulk yang dibawa-bawa)  akhirnya penelusuran kelengkapan dari motor tersebut dilakukan.

Tips dan Trik Sebelum Mebeli Motor Bekas 

Berikut ini adalah tips dan trik supaya kawan-kawan tidak tertipu apabila hendak membeli motor bekas/second.

1. Tanyakan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor).

BPKB adalah hal yang wajib kalian tanyakan kepada sipenjula motor bekas, apabila BPKB ini tidak ada maka bisa dipastikan motor tersebut barang samon bro, hati-hati biasanya sipenjual barang samon lebih pintar mengatur strategi dengan mengutarakan berbagai macam alasan, contohnya: BPKB nya tertinggal dikampung , BPKB nya lagi ditahan ditempat pegadaian, BPKB nya ditahan sama dialer, BPKB terbakar sewaktu terkena bencana banjir (sepertinya ada yang aneh ya), BPKB hilang. Dll

2. Tanyakan STNK.

Kawan-kawan bisa menanyakan keberadaan STNK dari motor, jika ada bisa langsung cek kecocokan STNK dengan motor yang dijual. dari No Registrasi (no plat), nama pemilik, merk, jenis, model, tahun pembuatan motor dan paling  penting cek No rangka, No Mesin apakah cocok yang ada di STNK dengan yang tercetak pada bagian motor (cara cek No Rangkas dan Mesin akan dibahas dibawah)
 

3. Tanyakan Beberpa Pertanya Seperti:

  • Bapak udah makan? (menyanyah, Dont do this) :D
  • Bapak mana aja dari tadi? (Menyanyah, Dont do this) :D
  • Kenapa mau jual motornya? (dah mulai serius) 
  • Motornya pernah bongkar mesin?
  • Pernah Jatuh Parah?
  • Sejak bila motornya sma bapak? 
Pertanyaan diatas merupakan poin dasarnya saja, kawan pandai-pandailah mengkresikan pertanyaan tersebut, jangan sampai pulak pertanyaan kalian monoton atau terlalu kaku kawan, harus pandai basa-basi supaya ada intraksi nyaman  dengan yang menjawab pertanyaan. jangan macam Pak Pol yang lagi introgasi maling kasut musholla pulak. bisa emosi tuh bapak-bapak (Pertanyaan bertubi-tubi bisa mengakibatkan pipi bengkak kawan, hati-hati dalam bertanya) :D

4. Cek No Rangka Motor.

Tips dan Trik Membeli Motor Bekas yang ke empat ini berhubungan dengan poin ke tiga, jika STNK nya ada maka kawan bisa langsung mempraktekan poin empat ini.
Cek Nomor Rangka Motor
Cek Nomor Rangka Motor

Lihat gambar diatas, yang di tandai dengan warna merah adalah no rangka kendaraan (motor Satria Fu). jika pada motor satria fu no rangka terletak pada bagian bawah stang, area leher motor, letak No rangka ini berfariasi. kawan-kawan bisa melihat pada bagian lainya jika motor beda type, intinya cari ditempat terbuka pada bagian rangka motor.

5. Cek No Mesin Motor.

Pada poin ini kawan-kawan bisa memastikan kecocokan STNK dengan motor, dengan melihat No Mesin yang tercetak pada bagian bawah mesin disebelah kiri. lihat gambar:
Cek Nomor Mesin Motor
Cek Nomor Mesin Motor

Sampai disini jika semuanya sudah dicek dengan baik dan kelengkapan serta kecocokan benar adanya, maka kawan bisa memastikan jikalau motor bekas yang hendak kalian beli barang aman.- Tips Dan Trik Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu Barang Curian, Cara Paling Aman Terbaru

Lanjutan cerita pengalaman kawan Cik tadi sampai saat tulisan ini dibuat transaksi belum dilakukan karena penjual tidak bisa memperlihatkan kepada kami BPKB motornya dengan alasan BPKB motornya masih ditempat pengadaian.

cukup sekian dulu tips dan trik membeli motor bekas agar tidak tertipu dengan barang curian dari Cik, semoga tulisan yang Cik buat ni bisa bermanfaat untuk kawan-kawan semua, Amin...

Sampai jumpe di postingan Berikutnye ee :)

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips Dan Trik Sebelum Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu Barang Curian"

  1. saran saya ajaklah teman yang tahu motor apalagi temennya itu montir bengkel motor jadi kita bisa dapat saran dari ahlinya saya juga menulis artikel tentang tips membeli motor agar tidak tertipu cek website saya ya di kirimartikel.com semoga kita bisa saling berbagi informasi terima kasih

    BalasHapus